menunda haji

Ancaman Bagi Yang Menunda Haji Padahal Mampu

Lebihberiman.net – Sebagai umat muslim, kita pastinya sudah diajari orang tua kita mengenai rukun islam. Yang salah satunya adalah Haji. Ya memang benar jika Haji hanya dilaksanakan bagi yang mampu. Namun hal tersebut jangan membuat diri kita menjadi malas agar tidak usah berhaji. Itu adalah persepsi yang salah besar. Seharusnya jika kita kurang mampu harus berusaha agar mampu. Allah Maha Mengabulkan. Sudah banyak buktinya kan? Ada sebagian orang yang untuk makan saja susah tapi bisa naik haji. Jika yang kurang mampu saja bisa begitu apalagi yang sudah mampu. Jika yang sudah mampu dianjurkan segera melakukan Haji. Ternyata ada ancaman bagi yang sengaja menunda haji padahal mampu. Apakah itu? Berikut Ulasannya:

 

Ibadah haji merupakan wajib, namun cuma bagi mereka yg mempunyai kekuatan untuk melakukannya. Namun umumnya, Allah SWT dapat memberikan umatnya kemudahan di segi rezeki & kesehatan supaya sanggup melaksanakan ibadah haji tersebut utk Menemui-Nya. Sayang sungguh disayang memang lah lantaran sekian banyak dari beberapa orang yg diberikan kelebihan rezeki di seluruh segi tadi oleh Allah SWT tak memanfaatkan kelebihannya utk beribadah haji tetapi malah utk kesenangan & kebahagiaan mereka didunia yg sementara & fana ini. Dikarenakan hal inilah, Allah SWT memberikan ancaman keras terhadap manusia-manusia dengan kategori seperti itu.

Ancaman Bagi Yang Menunda Haji Padahal Mampu ini ada lewat sabda Nabi Muhammad SAW, dimana beliau menyampaikan bahwasannya Allah SWT pernah berkata bahwa orang-orang yang telah diberikan kesehatanrezeki, dan lebih dari 5 tahun sejak rezeki tersebut turun masih belum memenuhi undanganNya menuju tanah suci Mekkah, maka sesungguhnya orang tersebut akan terhalang dari seluruh kebaikan yang akan diberikan oleh Allah SWT. Beberapa Orang yg seperti ini sesungguhnya ialah beberapa orang yg sangat merugi dalam hidupnya sebab cuma memikirkan perkara dunia & lupa terhadap Allah SWT yg sudah membuat mereka dari tanah, & memberi mereka tempat hidup sementara di Bumi yg pula Allah SWT ciptakan jauh diawal mulanya.

Ancaman Bagi Yang Menunda Haji Padahal Mampu tak cuma datang dari Allah SWT melalui lisan Nabi Muhammad SAW, melainkan pula datang dari Umar bin Khattab radhiallahu anhu. Umar sempat berucap bahwa dia mau mengutus orang utk menelusuri ke daerah-daerah & mencari umat muslim yg mempunyai harta berlebih tetapi tak lakukan ibadah haji, lalu memberikan upeti terhadap beberapa orang tersebut. Hal ini dilakukan oleh Umar lantaran katanya orang yg seperti itu tidaklah sebaiknya dianggap yang merupakan seseorang muslim. Riwayat lain menceritakan bahwa orang yg mati dalam kondisi berpunya namun memilih untuk tak melakukan haji sehingga lebih baik matinya dalam kondisi bukan muslim, sbg yahudi, atau bahkan juga sebagai nasrani. Factor ini namun hanya ditujukan pada mereka yg berpunya, bukan pada mereka yg kurang mampu lantaran Islam bukanlah agama yg memaksamereka yg tak berkemampuan.

Cara Menghindari Ancaman Jika Sengaja Menunda Ibadah Haji Padahal Mampu

Utk menghindari ancaman untuk mereka yg menunda haji cuma ada satu jawabannya, yakni utk menunaikan ibadah haji tersebut. Kenapa melaksanakan ibadah haji menjadi mutlak? Lantaran haji merupakan salah satu dari 5 rukun Islam, & lantaran rukun itulah penentu tegak atau tidaknya sesuatu, sehingga Islam kita belum bakal sempurna kalau lima rukun Islam belum kita penuhi. Dari suatu hadits pula memaparkan bahwa kita sebaiknya bersegera menunaikan haji, lantaran kita tak sempat tahu apa yg bakal menimpa kita. Hal ini untuk menjauhkan kita dari ancaman jika sengaja menunda ibadah haji padahal mampu.

Itu tadi adalah ulasan tentang Ancaman Bagi Yang Menunda Haji Padahal Mampu. Namun seperti yang saya paparkan diatas, jangan sampai hal ini membuat kita takut dan lebih memilih pasrah menjadi yang kurang mampu. Itu adalah persepsi yang salah. Seharusnya kita selalu berusaha agar bisa melaksanakan Haji. Semoga kita bukan menjadi salah satu orang yang mampu tapi menunda haji, dan juga semoga kelak di akhirat Allah SWT menyelamatkan kita dari panasnya api neraka. Amin.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Maka tunggu apa lagi, ayo kita bagikan kepada teman teman kita agar kita menjadi sosok yang LEBIHBAIK. Dan juga ilmu yang bermanfaat merupakan pahala yang tetap mengalir walaupun kita sudah tiada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *