sapu jagad

Kedahsyatan Doa Sapu Jagad

Lebihberiman.net – Tentunya anda sempat mendengar doa yg berbunyi “Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina ‘adzabannar”. Ya, ini ialah doa sapu jagad yg ringkas tetapi penuhmakna. Doa ini menurut para ulama mencakup semua permintaan manusia. Sebab itu disebut doa sapu jagad. Apakah anda tahu kedahsyatan Doa sapu jagad? Berikut Ulasannya :

 

Dari Anas bin Malik, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bicara “Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah doa sapu jagad yang artinya “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka”.” (HR. Bukhari).

 

Doa sapu jagad termasuk juga dari surah Al-baqarah ayat 200 & ayat 201. Biarpun banyak dipanjatkan dalam majelis, tapi tak banyak yg tahu apa sebenarnya manfaat dari bacaan doa ini. Padahal dalam falsafah Islam, doa yg sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW merupakan doa yg mustajab. Doa ini disyari’atkan untuk dibaca di segala keadaan.

  1. Doa sapu jagad mencakup tiga aspek yaitu meminta kenikmatan duniakenikmatan akhirat & terbebas dari api neraka. Bukankah ini tujuan hidup manusia, tidak hanya selalu doa utk di dunia, tetapi serta berdoa buat kehidupannya di akhirat nanti. Maka kalau sering memanjatkan doa ini, Insyaallah dikabulkan Allah SWT lantaran termasuk juga doa yg sering dipanjatkan Nabi Muhammad.
  2. Doa sapu jagad pun diakui mampu mendatangkan jodoh yg soleh & solehah. Perihal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yg mengemukakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya yaitu menikahi orang yg shaleh & soleha. Sehingga dari itu, sering membaca doa ini sesudah shalat mampu mendekatkan jodoh.
  3. Meskipun pendek & ringkas, nyata-nyatanya doa ini pun mencakup dengan nikmat sehat yg diharapkan manusia. Membaca doa ini sehabis shalat, insyaallah dapat senantiasa menyehatkan badan lahir & batin.
  4. Doa ini pula sanggup melapangkan hati orang yg mendapat musibah. Nabi Muhammad SAW sempat membaca doa ini dikala menjenguk kerabatnya yg sedang sakit. Dan Allah pun menyembuhkannya.

Dalam doa ini pun terdapat kata “wa fil âkhirati hasanah”, yg artinya “dan serta kebahagiaan akhirat”. Yg dimaksud dengan hasanah di akhirat yakni : terbebas dari rasa takut, di PadangMahsyar mendapat naungan Allah, mendapat syafaat dari Rasulullah SAW, mendapat hisab yg ringanselamat dalam menyeberangi jembatan antara dua pinggir neraka jahannam, selamat dari kebangkrutan pahala, mendapat ampunan & ridha Allahmenikmati surga yg abadi & puncaknya bakal berjumpa dgn Allah SWT.

Hasilnya, doa “sapu jagat” itu dipungkas dengan “wa qinâ ‘adzbânnâr” yg artinya “dan hindarkanlah kami adzab api neraka”. Mengapa doa ini diakhiri bersama permintaan terhindarnya dari api neraka?” Lantaran kebaikan di akhirat – seperti masuk surga – bisa saja diperoleh sesudah mengalami siksa apalagi dulu. Sehingga penggalan ke3 dalam doa ini jadi mutlak. Mudah-mudahan!!! Walahu A’lam

 

Itu tadi adalah ulasan tentang Kedahsyatan Doa Sapu Jagad. SubhanaAllah, memang semua yang diajarkan oleh Nabi kita Nabi Muhammad SAW merupakan hal baik. Semoga kelak kita menjadi salah satu orang yang doa sapu jagadnya dikabulkan. Amin.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Maka tunggu apa lagi, ayo kita bagikan kepada teman teman kita agar kita menjadi sosok yang lebihbaik. Dan juga ilmu yang bermanfaat merupakan pahala yang tetap mengalir walaupun kita sudah tiada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *