anak yatim

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Lebihberiman.net – Kita hidup di dunia ini sudah semakin sulit saja. Namun masih banyak kok yang masih mau membagi rezeki mereka kepada yang membutuhkan walaupun mereka juga susah untuk hidup. Yang bermasalah bukan dengan uangnya namun dengan hatinya. Jika kita sudah ada iktikad InsyaAllah pasti akan dibukakan jalan. Banyak orang yang bersedekah, menyantuni anak yatim dll. Mungkin mereka sudah mengetahui Keutamaan Menyantuni Anak Yatim. Apakah anda sudah tau? Berikut Ulasannya :

 

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Serta Pandangnan yg Berkembang di Warga

Menyantuni anak yatim dibilang merupakan suatu tindakan kebajikan yg luar biasa bijak, di mana kita ingin berbagi kebahagiaan yg kita rasakan pada mereka yg mengalami kekurangan di banyak segi. Masih banyak alasan kenapa orang ingin berbagi dengan anak yatim, baik sebab mereka semata-mata mau diliat oleh orang lain, menginginkan mendapat ridho dari Allah SWT nantinya, atau bahkan sebab mereka merasa iba terhadap anak-anak yg tak mempunyai orang tua lagi, baik itu cuma satu pihak atau ke-2 orang-tuanya sudah tak lagi ada didunia ini.

Mereka yg memberi untuk anak yatim terkadang mempunyai alalsan agar mereka diberikan sebuah rahmat oleh Allah SWT. Tetapi apakah ini benar-benar benar bahwa menyantuni mereka yg telah yatim dapat mendapat rahmat? Ataukah rahmat yg dibicarakan disini yakni rasa senang karena sudah sanggup berbagi dgn orang yg kurang mampu? Entahlah, namun yg pasti yaitu aksi baik kita tak akan disia-siakan oleh Allah SWT, Tuhan semesta alam.

Berikut Adalah Keutamaan Menyantuni Anak Yatim & Dasar Hukum atau Dalil-Dalil Untuknya

Keutamaan menyantuni anak yatim nyata-nyatanya telah ada di dalam Al-Qur’an & hadits-hadits yg beredar di tangan para pemuka agama. Lewatnya, sanggup kita simpulkan bahwa banyak hal positif yg kita terima waktu kita memberi santunan kepada anak-anak yg kurang bisa & seseorang yatim ialah juga sebagai berikut :

  • Dgn menyantuni anak yatim, kita bakal diberikan balasan yg menakjubkan

Di surat Al-Baqarah ayat 177 dikatakan bahwa yg dinilai juga sebagai baik bukanlah bagaimana kita menghadapkan wajah ke timur atau barat, namun beriman kepada Allah, nabi, rasul, kitab, & malaikat, serta memberikan harta yg mereka punya terhadap anak-anak yatim yg kurang beruntung.

  • Posisi kita di mata Allah akan makin meningkat

Melalui satu buah hadits riwayat Tirmidzi, diketahui bahwa dengan memberikan santunan pada anak yatim maka kita akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Hadits tersebut berbunyi bahwa Allah SWT & seluruhnya masyarakat langit bakal menyayangi beberapa orang yg menyanyangi masyarakat bumi yg yang lain.

  • Suatu jaminan akan tiket kita ke surga

Dari kitab Zubdah Al Wa’idin, dituliskan bahwa Nabi Muhammad SAW sempat bersabda tentang bagaimanakah Allah SWT akan menghias seorang yg menghiasi anak yatim di hri raya. Allah pula bakal melindungi orang tersebut sampai mencapai Surga-Nya.

Itu tadi adalah ulasan tentang Keutamaan Menyantuni Anak Yatim. SubhanaAllah. Terkadang kita memiliki perasaan enggan untuk melakukan sedekah, takut kehilangan harta, namun justru itu pemikiran yang salah. Justru dengan memberi dengan ikhlas, rejeki kita akan ditambah oleh Allah SWT. Semoga dengan artikel ini kita bisa menjadi sosok yang LebihBaik dan juga semoga Allah SWT menyelamatkan kita dari panasnya Api Neraka. Amin.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Maka tunggu apa lagi, ayo kita bagikan kepada teman teman kita agar kita menjadi sosok yang LEBIHBAIK. Dan juga ilmu yang bermanfaat merupakan pahala yang tetap mengalir walaupun kita sudah tiada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *